13 November 2007

mobiL Islam...???






Jika tak ada aral-melintang, tiga Negara –Iran, Malaysia dan Turki—akan membuat “mobil Islam” secara global. Dilengkapi arah kiblat dan pakaian shalat

Menurut Managing Director Proton Holdings Bhd, Datuk Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir, rencananya, kendaraan ini akan diproduksi secara global.

"Mobil Islam yang merupakan inovasi Republik Islam Iran akan dibuat dan distribusikan ke pasar-pasar dunia," demikian kutip Zainal Abidin sebagaimana dikutip Kantor Berita Bernama, Malaysia.

"Mobil Islam tersebut akan dilengkapi dengan tempat Al-Quran dan penunjuk arah kiblat dan pakaian sholat," tambah Zainal yang beberapa saat lalu berkunjung ke Teheran.

Dikatakannya pula, Iran berniat mengenalkan mobil Islam, namun tak menyebutkan spesifikasinya secara mendetail."

Tapi mengapa menggandeng Iran dan Turki? Bukan yang lain? Zainal beralasan, selama ini, dua Negara itu berbasis permobilan. "Aku pikir, karena mereka bersifat berbasis permobilan," tambanya.

Nampaknya pemerintah Malaysia serius menggarap ini. Baru-baru ini, pihak pemerintah memimpin 40 delegasi pengusaha yang berisi pejabat dan wakil perusahaan pribadi untuk berkunjung ke Uni Emirat Arabb (UAE) dan Iran.

Pihak pemerintah juga melibatkan beberapa wakil perushaan raksasa Malaysia untuk proyek ini. Antara lain; Wakil Proton, Petronas, Khazanah Nasional Bhd, MDEC, UEM Group Bhd, Zaid Ibrahim &Co juga Iskandar Regional Development Authority.

Menurut Zainal Abidin, dengan dukungan pemerintah, produsen-produsen mobil Islam akan mampu mendapat suatu volume besar dari pesanan masyarakat.

Sebelum ini, Malaysia telah sukses melahirkan produk mobil buatan sendiri, Proton. Produsen mobil asal Malaysia ini bahkan melakukan ekspansi pasar ke Indonesia. [bernama/cha/www.hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar